Selasa, 14 Mei 2019

Cara Menghilangkan Benjolan di Leher Berdasarkan Penyebabnya

Cara Menghilangkan Benjolan di Leher Berdasarkan Penyebabnya - Adanya benjolan di leher mungkin membuat Anda menjadi panik. Terlebih jika benjolan ini menyebabkan rasa sakit dan cenderung terus membesar.

Bila demikian, Anda tentu ingin segera mencari cara pengobatan benjolan di leher agar kembali kempis dan sembuh. Lantas, apa saja yang bisa mengobati benjolan? Mari kita simak ulasan berikut ini.



Munculnya benjolan di leher tentu akan membuat seseoang panik. Namun, kebanyakan benjolan di leher itu nyatanya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Benjolan di leher bisa berukuran kecil ataupun membesar, tergantung dari penyebab benjolan itu sendiri. Namun, sebagian besar benjolan yang muncul dileher tergolong tumor jinak alias non-kanker.

Kebanyakan kasus benjolan leher diakibatkan oleh pembengkakan kelenjar tiroid. Biasanya, benjolan akan membesar dan membuat Anda kesulitan dalam menelan ataupun bernapas.

Benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga atu infeksi pilek. Biasanya benjolannya cenderung kecil dan lebih mudah disembuhkan.

Beragam cara mengobati benjolan di leher

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara mengobati benjolan ini tergantung dari penyebabnya masing-masing. Jika benjolan ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka hal ini dapat diobati dengan pemberian antibiotik dari dokter.

Namun, jika benjolan di leher ini cenderung mengarah ke kanker, maka dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan tindakan pembedahan. Sebab jika tidak, sel kanker dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan menyebabkan kelenjar getah bening.

Berbagai cara mengobati benjolan di leher diantaranya :

  • Operasi
Benjolan yang sudah terlanjur besar dan cenderung berbahaya perlu segera diangkat melalui operasi. Selain untuk mengangkat tumor, operasi ini juga bertujuan untuk memulihkan fungsi menelan dan berbicara yang terhambat akibat terdapat tumor tersebut.

  • Terapi radiasi
Terapi radiasi adalah salah satu cara mengobati benjolan di leher dengan menggunakan radiasi sinar-X yang kuat. Cara ini umumnya dilakukan jika benjolan di leher Anda merupakan pertanda kanker.

Terapi radiasi ini bisa mengecilkan sel kanker pada benjolan tersebut sekaligus menjaga jaringan-jaringan sehat dari kerusakan. Dokter akan memilihkan jenis terapi radiasi yang paling cocok untuk jenis kanker Anda.

  • Kemoterapi
Sama dengan terapi radiasi, kemoterapi pun cuma bisa dilakukan pada benjolan yang mengarah pada kanker. Kemoterapi bisa membantu mengecilkan tumor sebelum Anda menjalani tindakan operasi atau terapi radiasi. Selain itu, kemoterapi juga dapat meredakan nyeri yang banyak dikeluhkan oleh penderita kanker.

Nah, itulah berbagai cara mengobati benjolan di leher berdasarkan penyebabnya. Semoga bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar