Selasa, 07 Mei 2019

Puasa Saat Hamil? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Sehat dan Bugar

Puasa Saat Hamil? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Sehat dan Bugar - Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa sepanjang kondisi ibu dan bayi yang ada dalam kandungan dinyatakan sehat menurut dokter. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil selama berpuasa, agar tubuh Anda tetap bugar meski sedang puasa saat hamil.



Apakah aman puasa saat hamil?

Sebenarnya, aman atau tidaknya puasa saat hamil tergantung pada kesehatan Anda dan bayi. Pada saat kehamilan, bayi dalam kandungan Anda membutuhkan banyak nutrisi.

Jika tubuh Anda memiliki persediaan energi dan nutrisi yang cukup, maka puasa saat hamil kemungkinan tidak akan berdampak besar terhadap kesehatan Anda dan janin. Selain kesehatan, yang perlu Anda perhatikan adalah usia kehamilan serta durasi Anda berpuasa.

Tips Sehat Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Segar dan Bugar


Berikut ini tips yang bisa ibu hamil lakukan agar tetap sehat dan bugar saat puasa :

  • Hindari stres

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa pada bulan ramadhan memiliki kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres) yang lebih tinggi dibandingkan wanita hamil yang tidak berpuasa.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin tetaplah tenang dan buatlah hal-hal menjadi lebih mudah dan jangan sungkan menerima bantuan apabila Anda memang membutuhkannya saat ditawarkan.

  • Cari tempat yang sejuk

Selama berpuasa, Anda akan rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membahayakan bagi ibu hamil. Itu sebabnya, upayakan untuk selalu berada di dalam ruangan yang sejuk untuk menghindari risiko tersebut.

  • Hindari melakukan pekerjaan berat

Kurangi pekerjaan rumah atau apapun yang membuat Anda menjadi lelah. Selain itu, hindari berjalan jauh atau membawa sesuatu yang berat. Jika Anda pekerja kantoran, mintalah pengurangan jam kerja atau menambah waktu istirahat agar Anda tidak kelelahan.

  • Perhatikan asupan nutrisi

Pemilihan makanan ketika berbuka dan sahur merupakan kunci penting ketika Anda memutuskan untuk berpuasa saat hamil. Konsumsilah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral yang baik untuk Anda serta janin.

  • Banyak minum air putih

Usahakan minum air putih sekitar 1,5-2 liter air antara waktu berbuka sampai sahur. Selain hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Pasalnya kafein justru akan memicu Anda mengalami dehidrasi, terutama jika cuaca panas.

  • Batasi makanan manis

Hindari berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan serta minuman manis yang tinggi gula karena bisa menaikkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat membuat Anda merasa pusing dan pingsan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan. Tapi ingat, hanya Anda yang bisa menilai seberapa sehat atau kuat Anda untuk berpuasa. Semoga bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar