Jumat, 17 Mei 2019

3 Manfaat Puasa Bagi Para Diabetesi yang Menjalaninya

3 Manfaat Puasa Bagi Para Diabetesi yang Menjalaninya

Bagi Anda yang punya diabetes, mungkin bingung apakah harus berpuasa atau tidak dibulan Ramadhan ini. Tak sedikit diabetesi yang melewatkan puasa karena takut berimbas pada kadar gula darahnya. Padahal, jika kita teliti lebih dalam, banyak kebaikan yang didapat oleh diebetesi saat berpuasa. Apa saja manfaatnya?


Berbagai manfaat puasa bagi penderita diabetes

Bagi para penderita diabetes, puasa merupakan tantangan tersendiri. Berkurangnya asupan makanan, gula darah pun bisa menurun drastis. Jika Anda tidak makan, tingkat gula darah Anda akan turun dibawah kisaran normal, kondisi ini bisa menyebabkan hipoglikemia.

Hal ini berlaku pada penderita diabetes yang terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Bisa-bisa kebiasaan ini akan membuat gula darah melonjak tinggi melebihi kisaran normal. Jadilah hiperglikemia.

Meskipun ada beberapa risiko, puasa  tetap membawa manfaat untuk penderita diabetes. Yuk pahami apa saja manfaat puasa untuk pengidap diabetes.

  • Glukosa lebih teratur
Saat berpuasa, tubuh Anda mengalami banyak perubahan. Perubahan yang paling besar adalah saat menggunakan serta mengolah energi yang akan digunakan.

Pada awalnya, tubuh memang menggunakan glukosa sebagai energi utama. Tetapi, jika gula habis, tubuh akan mulai memecah cadangan lemak untuk dijadikan energi.

Jika lemak terus-terusan digunakan sebagai energi, bukan tidak mungkin berat badan Anda akan menurun. Nah, rupanya, penurunan berat badan ini bisa memengaruhi kerja tubuh dalam mengatur kadar gula darah, kolesterol darah, hingga tekanan darah.

  • Mengurangi ketergantungan terhadap obat
Manfaat puasa bagi penderita diabetes salah satunya adalah mengurangi ketegantungan terhadap obat-obatan.

Akan tetapi, tentu saja diperlukan penelitian-penelitian yang lebih menjanjikan mengenai hal tersebut. Terutama penelitian mengenai apakah kondisi ini hanya bertahan atau justru bisa berlangsung selamanya.

  • Menjaga kesehatan organ tubuh
Pada umumnya, tubuh Anda menyimpan glukosa untuk berjaga-jaga. Nah, glukosa simpanan ini disebut glikogen yang tersimpan di hati Anda. Glikogen membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk digunakan.

Apabila Anda berhenti makan dalam waktu yang cukup panjang, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai pengganti glikogen tadi. Pembakaran lemak ini menghasilkan energi dan mengistirahatkan hati dan pankreas Anda.

Hati dan prankreas adalah kedua organ tubuh yang bertugas untuk memproduksi insulin sebagai hormon pengatur gula darah.

  • Meningkatkan kedisiplinan
Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FINA salah satu manfaat puasa untuk penderita diabetes adalah meningkatkan kedisiplinan dalam mengonsumsi obat.

"Pada saat menjalankan puasa, Anda hanya diperbolehkan makan dan minum 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Nah, mau tidak mau pada penyandang diabetes pun harus mengikuti pola tersebut dan menuruti penggunaan dosis obat yang sudah diberikan oleh dokter," ujar dr. Sidartawan.

Pola makan dan konsumsi obat ini lebih teratur yang membuat mereka lebih disiplin dari hari-hari biasa nya. Dengan begitu, gula darah akan lebih terkontrol dan lebih baik.

Aturan puasa yang aman bagi penderita diabetes

Pola makan saat sahur

Bagi penderita diabetes, usahakan Anda membuat menu makanan dengan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Hal ini bertujuan untuk membantu proses pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang.

Berikut adalah masalah yang dianjurkan agar bisa merasakan manfaat pauasa bagi penderita diabetes :
  • Sereal, gandum dengan susu rendah lama
  • Greek youghurt polos yang ditabuti dengan blueberry dan kayu manis. Selai iu didampingi oleh raoti gandum panggang dengan selai kacang.
Pola makan saat berbuka

Setelah buka puasa, biasanya Anda akan meminum air putuh dan sering kali disuguhkan kurma untuk membatalkan puasa. Cobalah untuk membatasi konsumsi kurma menjadi 1/2 buah dalam sehari.

Beberapa cara yang bisa penderita diabetes terapkan untuk manfaat puasa yang optimal. Antara lain :
  • Gantilah jus buah kemasan dengan jus buah agar segar tanpa tambahan gula.
  • Hindari konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak berlebih, seperti gorengan
  • Jangan makan berlebih.
Berolahraga

Olahraga saat puasa nyatanya sangat bermanfaat, termasuk untuk orang diabetes. Bulan puasa bukan berarti menjadi alasan bermalas-malasan.

Hal ini bisa Anda lakukan setelah tarawih atau sebelum berbuka puasa. Selain itu, Ana juga bisa memperhatikan hal ini ketika ingin berolahraga saat puasa:
  • Bagi para diabetes tipe 2, pilihlah olahraga ringan hingga sedang
  • Hindari olahraga yang berlebihan saat sedang berpuasa bagi penderita diabetes yang menjalani pengobatan insulin dan sulfonilurea.
Nah itulah beberapa manfaat puasa bagi penderita diabetes. Bagaimana? Asalkan ada kemauan, pastinya akan ada jalan. Sungguh sayang bukan melewatkan berbagai manfaat puasa bagi para penderita diabetes?

Mempunyai masalah dengan Diabetes? Yuk konsultasikan langsung kepada kami » KLIK DISINI !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar